Desain 2D, 3D, Office, Artikel.

EXPORT BLENDER TO OGRE

4 comments
OGRE merupakan salah satu open-source rendering grafis engine yang paling populer, dan telah digunakan di sejumlah besar proyek produksi, di berbagai bidang seperti game, simulator, software pendidikan, seni interaktif, visualisasi ilmiah, dan lain-lain. 

Banyak software 3D yang support dengan OGRE salah satunya Blender. Hasil pemodelan 3D di Blender dapat ditampilkan bahkan dianimasikan di OGRE. Agar file *.blend dapat diolah di OGRE maka diperlukan proses export Blender to Ogre untuk menghasilkan file-file: *.mesh, *.material, *.skeleton yang dapat dibaca oleh OGRE.

Mesh adalah bentuk objek yang dapat ditampilkan pada aplikasi OGRE. Sedangkan skeleton adalah penggerak untuk objek mesh tersebut. Bila  dianalogikan, mirip dengan daging dan tulang yang terdapat pada makhluk hidup.

Silahkan download software yang dibutuhan:

Lakukan setting:
  1. Install Blender 2.49
  2. Ekstrak OgreCommandLineTools_1.7.2.zip (hasilnya: OgreMain.dll, OgreMeshMagick.exe, OgreMeshUpgrader.exe, OgreXMLConverter.exe) kemudian Copy paste 4 file hasil ekstrak tadi ke C:\Windows\System32.
  3. Copy paste seluruh file dan subfolder dari “BlenderExportToOgre.zip” ke ".blender/scripts" (tempat anda menginstall Blender2.49)
Bila anda melakukan setting dengan benar maka Blender sudah dapat digunakan untuk mengekspor file ke OGRE.

Berikut adalah tahapan-tahapan export blender to ogre:
Download dan ekstrak contohObjek.zip, letakkan seluruh hasil ekstrak di desktop.
Buka file kayu.blend. Lihat gambar dibawah ini

Klik File > Export> OGRE Meshes.

Lakukan pengaturan dengan menyeleksi button seperti gambar dibawah ini. Export Meshes Path digunakan untuk menentukan letak folder hasil export file kayu.blend. Dalam tutorial ini kami menentukan hasil export berada pada C:\Users\bihum\Desktop.

Klik Preferences. Akan muncul kotak dialog berikut 

Pada Location > Converter > Select > cari dimana OgreXMLConverter.exe berada. Dalam tutorial ini kami meletakkan OgreXMLConverter.exe pada C:\Windows\System32. Setelah anda menentukan letak Converter  kemudian klik OK.
Setelah selesai mengatur Preferences, klik Export. Proses export akan dijalankan seperti gambar dibawah ini

Setelah terlihat tulisan Done di baris paling bawah itu menandakan bahwa proses export telah selesai. Langkah terakhir tekan OK.

Sekarang lihatlah desktop anda disana terdapat file baru hasil export kayu.blend, file-file tersebut adalah: Cube.001.mesh, Cube.001.mesh.xml, OgreXMLConverter.log, Scene.material

File-file dengan ekstensi .mesh, .mesh.xml, .material ini yang dapat diolah di OGRE. Karena objek kayu.blend tidak mengandung gerakan/animasi maka pada hasil export tidak ditemukan *.skeleton.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat. Oiya, jangan lupa baca Bismillahirrohmaanirrohiim sebelum mengerjakan. (bhm)

Klik disini untuk download tutorial diatas dalam format pdf

4 comments :

  1. terima kasih mas infonya,, (^_^)

    ReplyDelete
  2. 1a1b1c1:: Ok mas sama2. thanks telah berkunjung.

    ReplyDelete
  3. informasi yang sangat bermanfaat kawan, kebetulan saya ada tugas untuk export dari blender ke ogree.. ^^

    ReplyDelete
  4. ini dia yang saya cari, terima kasih kaka tentang artikel cara export dari bender ke ogre... ^^

    ReplyDelete