Desain 2D, 3D, Office, Artikel.

HIDUP ADALAH UJIAN BAGI MANUSIA

3 comments
1. Orang kaya diuji dengan adanya orang miskin
Dan demikianlah telah Kami uji sebahagian mereka (orang-orang kaya) dengan sebahagian mereka (orang-orang miskin), supaya (orang-orang yang kaya itu) berkata: "Orang-orang semacam inikah di antara kita yang diberi anugerah Allah kepada mereka?" (Allah berfirman): "Tidakkah Allah lebih mengetahui tentang orang-orang yang bersyukur (kepadaNya)?". (QS. 6: 53).

2. Ditinggikan derajat sebagian dari yang lainnya
Dan Dia lah yang menjadikan kamu penguasa-penguasa di bumi dan Dia meninggikan sebahagian kamu atas sebahagian (yang lain) beberapa derajat, untuk mengujimu tentang apa yang diberikan-Nya kepadamu. Sesungguhnya Tuhanmu amat cepat siksaan-Nya dan sesungguhnya Dia Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. 6: 165).

3. Manusia diuji dengan keburukan dan kebaikan
Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan. (QS. 21: 35).

4. Manusia diuji dengan perintah dan larangan
Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari setetes mani yang bercampur[1] yang Kami hendak mengujinya (dengan perintah dan larangan), karena itu Kami jadikan dia mendengar dan melihat. (QS. 76: 2).

5. Respon manusia jika sedang diuji (menjadi salah sangka)
Adapun manusia apabila Tuhannya mengujinya lalu dia dimuliakan-Nya dan diberi-Nya kesenangan, maka dia akan berkata: "Tuhanku telah memuliakanku." Adapun bila Tuhannya mengujinya lalu membatasi rizkinya maka dia berkata: "Tuhanku menghinakanku"[2].(QS. 89: 15-16).

6. Ujian untuk mengetahui siapa yang paling baik amalnya
(Allah) Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun. (QS. 67: 2).

7. Kebanyakan manusia tidak tahu mengenal ujian itu
Maka apabila manusia ditimpa bahaya ia menyeru Kami, kemudian apabila Kami berikan kepadanya nikmat dari Kami ia berkata: "Sesungguhnya aku diberi nikmat itu hanyalah karena kepintaranku." Sebenarnya itu adalah ujian, tetapi kebanyakan mereka itu tidak mengetahui.(QS. 39: 49).

Muhasabah (instropeksi diri):
Sudahkah anda tahu dan sadar jika saat ini anda sedang diuji Allah?

Catatan kaki:
[1] Maksudnya: bercampur antara benih lelaki dengan perempuan.
[2] Maksudnya: ialah Allah menyalahkan orang-orang yang mengatakan bahwa kekayaan itu adalah suatu kemuliaan dan kemiskinan adalah suatu kehinaan seperti yang tersebut pada ayat 15 dan 16. Tetapi sebenarnya kekayaan dan kemiskinan adalah ujian Tuhan bagi hamba-hamba-Nya.

3 comments :

  1. hemmm kl ngomong soal ujian, q ingat kata seorang alim :: sebuah bencana atau masalah itu bisa saja ujian/cobaan, peringatan, bahkan laknat !!!

    tergantung qt saja yg memaknainya bagaimana, bersyukurlah jika ujian, berarti masalah itu akan menuntun qt menuju suatu derajat saleh tingkan advance (ciehhhh)... bersyukur pula jika itu adalah peringatan, kita mash punya kesempatn u bermuhasabah dan belajar dr kesalahan....

    postingan yg bermanfaat.. salam blogger kampus putih :D

    berkunjung juga yah :: Pendidikan politik | Idealisme Partai politik

    ReplyDelete