Desain 2D, 3D, Office, Artikel.

Tutorial | Membuat Botol dengan 3DS MAX ..bagian 2

No comments
Setelah menyelesaikan bentuk dasar botol pada tutorial bagian 1. Selanjutnya mempercantik botol dengan membuatnya nampak transparan seperti layaknya sebuah botol yang terbuat dari bahan gelas. Selain itu saya akan menambahkan logo pada botol. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
  1. Buka file Botol.max yang telah dibuat pada tutorial sebelumnya. Yang pertama saya lakukan adalah mengubah botol menjadi transparan. Caranya: tekan M untuk membuka Material Editor > seleksi botol > pada Material Editor aktifkan Assign Material to Selection, Show Standart Map in Viewport > klik Get Material > klik 2x pada Raytrace (lihat gambar 1a) > close window Material/Map browser.
Gambar 1a
Gambar 1b
Kembali ke Material Editor > aktifkan Assign Material to Selection > buka Raytrace Basic Parameters > lakukan setting (lihat gambar 1b):
Ambient : hilangkan centang dan beri nilai 50
Reflect : hilangkan centang dan beri nilai 10
Transparency : hilangkan centang dan beri nilai 70
Diffuse : klik Color Selector beri nilai Red=125, Green=200, Blue=125.

Tutup Material Editor, lalu render objek dengan menekan F9. Hasilnya lihat gambar 1c.

Gambar 1c
  1. Selanjutnya saya membuat tube lagi. Caranya: klik tab Create > Geometry > tube > buat objek tube pada top viewport. Dalam kondisi tube terseleksi, klik tab Modify > pada Parameters rollout atur ukuran tube : Radius 1 = 19, Radius 2=20.2 , Height=29. Height Segment=1, Cap Segments=1, Sides=32. Jangan lupa mencentang Smooth. (lihat gambar 2b)
Gambar 2a
Gambar 2b
atur posisi tube ke tengah-tengah Top viewport dengan cara seleksi tube lalu klik menu Select and Move pada tool bar, lalu ubah nilai X=0.0, Y=0.0, Z= 4.919. maka tube akan berada ditengah-tengah botol. Lihat perubahan pada perspective viewport.
  1. Selanjutnya menempel Logo pada tube yang baru saya buat. Siapkan logo berformat *.jpg (kamu bisa membuatnya di photoshop atau image editor lainnya). Misal LOGO.jpg
Gambar 3a
seleksi tube yang baru dibuat > Tekan M > pilih material kedua pada Material Editor> aktifkan Assign Material to Selection, Show Standart Map in Viewport > rollout Blin Basic Parameters > pada Diffuse klik tombol kotak (lihat gambar 3b) > pada Material/Map Browser pilih Bitmap > pilih LOGO.jpg di direktori tempat kamu menyimpan gambar > Open.
Gambar 3b
Tekan close untuk keluar dari Material Editor.
Sekarang logo sudah menempel pada tube yang baru saya buat. Untuk melihat hasilnya tekan F9 untuk merender objek (hasilnya lihat pada gambar 3c)

Gambar 3c
Selanjutnya lakukan grouping, seleksi semua objek dengan menekan Ctrl+A > klik menu Group pada toolbar > Group > beri nama Group: botol.
Sekarang simpan objek botol kamu.
----Alhamdulillah Selesai----
Cukup mudah kan mempercantik botol..?? kamu pasti bisa membuatnya.. jangan lupa baca Bismillah sebelum mengerjakan ya :-) . Selamat mencoba. (bhm)


klik disini untuk mendownload tutorial diatas dalam versi Pdf

No comments :

Post a Comment