Desain 2D, 3D, Office, Artikel.

Tutorial | Membuat Botol dengan 3DS MAX ..bagian 1

No comments
Mari berkreasi menggambar 3D dengan menggunakan software 3DS MAX. Kali ini saya akan mencontohkan bagaimana cara membuat sebuah botol (modelling objek botol). Berikut ini langkah-langkahnya
  • Langkah pertama adalah membuat tube sebagai objek awal. Caranya Buka 3DS MAX > pada Top viewport buat objek tube, dengan mengklik tab Create > Geometry > pilih tube. Dalam kondisi tube terpilih pindah ke tab modify pada Parameters rollout atur ukuran tube: Radius 1 = 20, Radius 2 = 18, Height = 80. Height Segment = 7, Cap Segments = 1, Sides =32. Jangan lupa mencentang Smooth. (lihat gambar 1b)
Gambar 1a
Gambar 1b
Gambar 1c
atur posisi tube ke tengah-tengah Top viewport dengan cara seleksi tube lalu klik menu Select and Move pada tool bar, lalu ubah nilai X=0.0, Y=0.0, Z=0.0 (lihat gambar 1c). maka tube akan berada ditengah-tengah top viewport. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memudahkan pengaturan posisi letak objek-objek selanjutnya.

  • Langkah kedua membuat bentuk dasar botol. Caranya klik tube pada Front Viewport (Tips: tekan Alt+W untuk memperbesar atau memperkecil viewport) > tekan F4 > klik tab Modify > pada Modifier List pilih Edit Poly. Klik tanda (+) pada Edit Poly lalu pilih Vertex. perhatikan gambar 2b (keterangan: s=segments).
Gambar 2a
Gambar 2b

Gambar 2c
Ubah bentuk tube (gambar 2b) menjadi seperti yang terlihat pada gambar 2c. Caranya:
  1. Geser S1 ke bawah searah sumbu Y. Caranya: klik Select and Move pada toolbar > seleksi S1 > tekan F12 > pada Offset:Screen isi nilai Y= -8.
  2. Geser S2 dan S3 ke atas searah sumbu Y. Ulangi langkah a. Kemudian pada Offset:Screen isi nilai Y=7.
  3. Ubah ukuran diameter S4,S5,S6 dan S7. Caranya klik Select and Non-uniform Scale pada toolbar > seleksi S4,S5,S6,S7 > tekan F12 > pada Offset:Screen isi nilai X=25, Z=25.
  4. Perpanjang ukuran leher botol pada S4,S5,S6,S7 dengan seleksi segmen tersebut lalu klik Select and Move > tekan F12 > pada Offset:Screen isi nilai Y =10
Klik tanda (+) pada Edit Poly lalu pilih vertex kembali untuk mematikan sub menu ini.

  • Langkah ketiga membuat mulut botol dan menutup lubang bawah tube / botol. Saya mulai dari membuat mulut botol. Klik tanda (+) pada Edit Poly lalu aktifkan Polygon > Lakukan Seleksi antara S6 dan S7 (seleksi hanya pada bagian luar, lihat gambar 3a), (tips: 1. tekan CTRL untuk meyeleksi lebih banyak polygon; 2. kamu dapat memutar cube untuk membantu menyeleksi bagian yang tidak terlihat dari Front Viewport) > pada Edit Polygons rollout klik Extrude > Extrusion type = Local Normal, Extrusion height = 0,5 > klik OK.
Gambar 3a

Gambar 3b
Klik tanda (+) pada Edit Poly lalu pilih Polygon kembali untuk mematikan sub menu ini (lihat hasilnya pada gambar 3b).
Selanjutnya menutup lubang bawah tube. Pada Top Viewport buat objek silinder, klik tab create > Geometry > pilih Cylinder. Pindah ke tab modify atur ukuran Cylinder: Radius=20, Height=3, Height Segment=1, Cap Segments=1, Sides=32, centang smooth. (lihat gambar 3c)
Gambar 3c
Gambar 3d
Gambar 3e
Geser posisi silinder tepat kebawah botol, caranya pada Top viewport klik menu Select and Move pada tool bar, lalu ubah nilai X=0.0, Y=0.0, Z=0.0. Maka silinder akan bergeser tepat dibawah botol (lihat gambar 3d).

Buat objek tube dan silinder bergabung menjadi satu caranya, seleksi objek tube > klik tab modify > klik Attach pada Edit Geometry rollout > seleksi objek silinder. Hasilnya dua objek ini bergabung menjadi satu objek (lihat gambar 3e).
Tekan F9 untuk merender objek, lihat hasilnya (gambar 3f)
Gambar 3f
Jangan lupa menyimpan file dengan nama: Botol.max.
Nah sekarang sudah jadi sebuah botol. Mudah banget kan??... kamu juga bisa membuat bentuk botol sesuai dengan kreatifitas kamu. Selamat mencoba!!. (bhm)

Untuk mempercantik botol lihat langkah-langkahnya di Tutorial | Membuat Botol dengan 3DS MAX ..bagian 2
klik disini untuk mendownload tutorial diatas dalam bentuk Pdf.

No comments :

Post a Comment