Desain 2D, 3D, Office, Artikel.

KEPRIBADIAN UMAT MUSLIM

No comments
Umat muslim atau orang-orang yang mengaku bahwa dirinya seorang yang beragama Islam harus memiliki karakteristik kepribadian yang membedakan dirinya dengan orang non-muslim. berikut adalah 10 karakteristik / ciri khas kepribadian umat muslim:
  1. Memiliki aqidah yang bersih. QS. Al-An’am ayat 162: “Katakanlah: sesungguhnya sembahyangku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam”.
  2. Ibadah yang benar
    Ada 2 perkara yang diwariskan oleh Rosulullah SAW, selama umat islam memgang teguh 2 perkara tersebut ia akan selamat di dunia dan akherat, 2 perkara tersebut yaitu Al-Qur’an dan Al-Hadits.
    Ibadah yang benar adalah ibadah yang sesuai dengan pedoman hidup umat islam yaitu Al-Qur’an dan Al-Hadits yang di dalamnya menuntun kita selamat di dunia dan akherat. 
  3. Mempunyai akhlak yang kokoh. QS. Al-Qolam ayat 4: “Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung”.
  4. Memiliki jasmani yang kuat.
  5. Memiliki intelektual yang cerdas.
    QS. Al-Baqoroh ayat 219: “... Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu supaya kamu berfikir”.
  6. Berjuang melawan hawa nafsu. Baca QS. Al-Mu’minuun ayat 1-11.
  7. Pandai memanfaatkan waktu. QS. Al-‘Ashr ayat 1-3 : “Demi masa, Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran”.
  8. Teratur dalam suatu urusan (profesional) 
  9. Memiliki kemampuan untuk hidup mandiri secara ekonomi
    QS. Al-Qoshosh ayat 77: “Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan”. 
  10. Bermanfaat bagi orang lain.  Ayat yang mendasari hal ini sama dengan poin no.9 yaitu QS. Al-Qoshosh ayat 77.
Bila anda belum memiliki Al-Qur'an,  anda bisa download disini

No comments :

Post a Comment