Desain 2D, 3D, Office, Artikel.

MODIFIKASI SIMBOL GARIS PADA ALOVMAP

1 comment
Setelah membahas cara memodifikasi simbol titik, kali ini kami akan menjelaskan cara memodifikasi simbol garis. Secara default simbol garis ditampilkan dalam bentuk garis solid. Tutorial kali ini tetap menggunakan  file-file pada tutorial “contoh penggunaan alovmap”.

Jenis data garis dapat kita temui pada data yang menyajikan informasi posisi garis seperti jalan, sungai, dan lain sebagainya. Pada contoh berikut jenis data garis digunakan pada layer “Jalan”. Untuk memodifikasi simbol lakukan hal berikut
  • Buka file tes1.xml. Gunakan notepad untuk memodifikasi file xml. Lakukan penambahan kode pada layer Jalan seperti dibawah ini
...
<!-- Layer Jalan --> 
<layer name="Jalan" visible="yes"> 
    <dataset url="Jalan.shp"/> 
    <renderer>
        <symbol style="1" step="3"/> 
    </renderer>
</layer>
...
Simpan perubahan kode di atas.
Perubahan atribut style  pada elemen <symbol> mengakibatkan simbol garis solid pada peta berubah menjadi garis putus-putus. Anda juga dapat mengubah nilai atribut style menjadi 0 = garis solid, 1 = dash, 2 = dot, 3 =  dash-dot, 4 = dash-dot-dot, 5 = stripe. Sedangkan atribut step digunakan untuk menambah jumlah garis pada masing-masing style. Anda juga dapat meniadakan atribut step.
  • Buka file index1.html. Untuk mempermudah melihat  tampilan, anda bisa melakukan perbesaran menggunakan zoom tool. Berikut tampilan hasil modfikasi simbol garis.

Referensi: http://hartanto.wordpress.com

1 comment :