INSTALL OGRE DI VISUAL C++
Beberapa minggu yang lalu, saya melakukan praktikum di kampus. Praktikum tentang instalasi Ogre di visual C++. Dalam instalasi saya sempat beberapa kali gagal tapi akhirnya alhamdulillah berhasil juga. Saya menggunakan visual C++ 2008, dan OgreSDK_vc9_v1-7-2. Berikut ini cara instalasinya
Pertama, setting include dan libary visual C++. Buka visual C++Klik file > New > Project: Pada Project type pilih “Win32”; Pada Templates pilih “Win32 Console Application”; isi Name; isi Solution Name > OK > Next > pilih Console application dan empty project > Finish.
Pada contoh ini saya membuat Name Project prakt1 dan solution name lab. Kemudian saya memasukkan kode c++ (caranya klik kanan pada project prakt1> Add> Existing item). Klik disini untuk mendapatkan source code c++ nya.
Gambar1. project prakt1 |
Selanjutnya, pada toolbar visual C++ klik Tool > option > VC++ Directories. Lakukan penyesuaian seperti berikut
- Pada Include files pilih New line kemudian cari folder “..\OgreSDK_vc9_v1-7-2\boost_1_44”
- Sekali lagi Pada Include files pilih New line kemudian cari folder “..\OgreSDK_vc9_v1-7-2\include”.
- Pada Library files pilih New line kemudian cari folder “..\OgreSDK_vc9_v1-7-2\lib\debug”
- Sekali lagi Pada Library files pilih New line kemudian cari folder “\OgreSDK_vc9_v1-7-2\boost_1_44\lib”. (lihat gambar dibawah ini)
Gambar2. setting include |
Gambar3. setting library |
Kedua, mengatur properties project. Lakukan klik kanan pada project prakt1 > Properties. Berikutnya akan muncul halaman properti prakt1, lakukan beberapa penyesuaian seperti berikut
Gambar4. halaman properti prakt1 |
Klik Configuration Properties > Linker > Input> Additional Dependencies > copy
- kernel32.lib
- user32.lib
- gdi32.lib
- winspool.lib
- shell32.lib
- ole32.lib
- oleaut32.lib
- uuid.lib
- comdlg32.lib
- advapi32.lib
- OgreMain_d.lib
- libboost_thread-vc90-mt-gd-1_44.lib
- libboost_date_time-vc90-mt-gd-1_44.lib
- OgreRTShaderSystem_d.lib
- OIS_d.lib
Paste > OK
hasilnya
Gambar5. copy paste *.lib |
Setelah melakukan beberapa settingan jalankan Start Debugging (atau tekan F5). Akan muncul beberapa kesalahan, (sabarrr ya, soalnya settingan belum selesai), ok kita lanjutkan ke settingan berikutnya. Oiya, perlu diketahui Start debugging ini akan menghasilkan file prakt1.exe.
Ketiga, copy 4 file *.cfg yaitu plugins_d.cfg, quakemap_d.cfg, resources_d.cfg, dan samples_d.cfg (yang terdapat di ..\OgreSDK_vc9_v1-7-2\bin\debug) lalu paste ke ..\Visual Studio 2008\Projects\lab\Debug, dmana disana ada file prakt1.exe.
Keempat, Copy folder “media” yang berada di “..\OgreSDK_vc9_v1-7-2\media” lalu paste di 2 folder diatas file *.exe di folder debug (di tempat Anda menyimpan Project). Sebagai contoh, saya menyimpan file prakt1.exe di C:\Users\bihum\Documents\Visual Studio 2008\Projects\lab\Debug, maka folder “media” saya paste di C:\Users\bihum\Documents\Visual Studio 2008\Projects\.
Kelima, Jangan lupa copy seluruh file *.dll yang ada di folder “..\OgreSDK_vc9_v1-7-2\bin\debug” paste ke dalam C:\Windows\System32
Jalankan Start Debugging (atau tekan F5). Lalu klik 2x prakt1.exe yang berada di ..Visual Studio 2008\Projects\lab\Debug\. Tampilan berikut akan muncul
Gambar6. ogre engine rendering setup |
Tekan OK untuk melihat hasil codingnya.
Demikian tulisan saya kali ini, semoga bermanfaat. (bhm)
Subscribe to:
Post Comments
(
Atom
)
No comments :
Post a Comment