Desain 2D, 3D, Office, Artikel.

VRML: Mewarnai Objek

No comments
Bismillahirrohmaanirrohiim.
Pada tutorial sebelumnya kami menulis cara membuat objek dasar di VRML. Maka kali ini kami akan memberi contoh kode untuk mewarnai objek. Buka VrmlPad anda, lalu perhatikan beberapa baris kode berikut

#VRML V2.0 utf8
# mewarnai Kubus

Shape {
appearance Appearance {
material Material {
diffuseColor 0 1 0
}
}
geometry Box {
size 2 2 2
}
}


Perhatikan diffuseColor 0 1 0 . Kode ini memberi warna hijau. Berikut hasilnya:
Gambar 1. Kubus berwarna hijau

Pewarnaan di VRML menggunakan sistem RGB yang di konvert ke warna VRML. RGB yang diwakili dengan nilai integer dari 0 hingga 1. Nilai 0 bermakna tidak memiliki warna, sedangkan nilai 1 bermakna memiliki 100% warna. Berikut adalah ilustrasi pewarnaan
Gambar 2. Ilustrasi warna di VRML

1  0  0  = warna merah
0  1  0  = warna hijau
0  0  1  = warna biru

Sedikit catatan, RGB sering disebut sebagai warna additive. Hal ini karena warna dihasilkan oleh cahaya yang ada. Beberapa alat yang menggunakan color model RGB antara lain; mata manusia, projector, TV, kamera video, kamera digital, dan alat-alat yang menghasilkan cahaya. Proses pembentukan cahayanya adalah dengan mencampur ketiga warna tadi. Skala intensitas tiap warnanya dinyatakan dalam rentang 0 sampai 255.
Gambar 3. Warna RGB
Ketika warna Red memiliki intensitas sebanyak 255, begitu juga dengan Green dan Blue, maka terjadilah warna putih. Sementara ketika ketiga warna tersebut mencapai intensitas 0, maka terjadilah warna hitam.



Untuk memberi warna selain merah, hijau, biru.  Anda bisa mengkombinasikan beberapa nilai RGB. Misal :
warna kuning bernilai 1 1 0
warna ungu bernilai  0.5 0 0.5
Berikut ini adalah rumus untuk konversi warna RGB menjadi warna VRML:
x= integer RGB / 255

Contoh apabila ingin mendapat warna VRML dari nilai R=255, G=110, B=0.
Gambar 4. Color Picker dari Photoshop
cara menghitungnya:
R= 255/255 = 1
G= 110/255 = 0,43
B= 0    /255 = 0

Mari kita coba memasukkan hasil konversi nilai RGB diatas ke dalam kode VRML.

#VRML V2.0 utf8
# mewarnai Kubus
Shape {
appearance Appearance {
material Material {
diffuseColor 1 0.43 0
}
}
geometry Box {
size 2 2 2
}
}

Hasilnya:
Gambar 5. Kubus dengan warna kombinasi

Sekian Tutorial dari kami semoga bermanfaat. (bhm)


Referensi:
1. AR Face Recognition, by Anggi Andiyadi S.kom
2. kaskus

No comments :

Post a Comment