VRML: Membuat Objek Dasar
Bismillahirrohmaanirrohim.Pada kesempatan kali ini kami akan memberi contoh kode membuat objek dasar di dalam VRML. Objek-objek tersebut yaitu: Bola, Kubus, Kerucut dan Silinder. Sebelum mengetik kode silahkan terlebih dahulu menginstall VrmlPad dan Cortona 3D Viewer. Silahkan buka tutorial sebelumnya.
Oke langsung saja ke materi. Bukalah VrmlPad dan ketik kode berikut
#VRML V2.0 utf8
#Membuat objek Bola
Shape {
appearance Appearance {
material Material {}
}
geometry Sphere {
radius 2
}
}
Untuk melihat hasil kode yang telah diketik, pada VrmlPad klik icon diatas ("Start or Continue Script Debugging"). Hasilnya seperti gambar dibawah ini.
#VRML V2.0 utf8
#Membuat objek Kubus
Shape {
appearance Appearance {
material Material {}
}
geometry Box {
size 2 2 2
}
}
Klik icon"Start or Continue Script Debugging" dan berikut adalah hasil dari kode objek Kubus
#VRML V2.0 utf8
#Membuat objek Kerucut
Shape {
appearance Appearance {
material Material {}
}
geometry Cone {
bottomRadius 1.5
height 3.0
}
}
Klik icon"Start or Continue Script Debugging" dan berikut adalah hasil dari kode objek Kerucut
#VRML V2.0 utf8
#Membuat objek Silinder
Shape {
appearance Appearance {
material Material {}
}
geometry Cylinder {
bottom TRUE
top TRUE
height 3
radius 1
}
}
Apabila anda ingin objek silinder memiliki sisi atas terbuka, anda bisa merubah nilai top dari TRUE menjadi FALSE. Oke selanjutnya, Klik icon"Start or Continue Script Debugging" dan berikut adalah hasil dari kode objek Silinder
Subscribe to:
Post Comments
(
Atom
)
hallo, ini saya mau tanya , kalau filenya yang wrl dari 3ds max bisa ndak ya untuk menjadi VRML, terimakasih
ReplyDelete