Desain 2D, 3D, Office, Artikel.

PENGENALAN VRML SECARA SINGKAT

No comments
Untuk memberi gambaran tentang VRML kami akan menjelaskan secara singkat pengertian dasar dan software apa saja yang dibutuhkan.

PENGERTIAN VRML SECARA SINGKAT
VRML adalah kependekan dari Virtual Reality Modelling Language. Sebuah bahasa yang digunakan untuk menggambarkan scene 3D dalam ruangan virtual.

Anda pasti sudah tahu bahasa HTML yang menampilkan script dalam format teks kedalam browser. Nah, VRML juga gak jauh berbeda dengan HTML. VRML ditulis dengan bahasa scripts yang nanti output-nya bisa berupa objek 3D di browser.

Satu lagi yang perlu diketahui. File VRML biasanya berekstensi *.wrl. kata wrl berasal dari kata world.

SOFTWARE YANG DIBUTUHKAN
Berikut adalah software yang dibutuhkan di dalam penggunaan VRML.
1. Browser VRML : OpenVRML, FreeWRL,VRWeb, VRMLView, Cortona 3D viewer (anda dapat memilih salahsatu browser ini. Dalam tutorial di blog ini, kami menggunakan Cortona 3D viewer).
2. Text editor: VrmlPad. Bisa di download dari situs aslinya disini. Atau download di mediafire disini (ditambah kreknya).
Segera download dan install software-software yang dibutuhkan.

Dalam blog ini kami akan memberi contoh + source code objek 3d menggunakan vrml. Kami tidak menjelaskan teori tentang VRML. Jadi apabila pembaca ingin memahami sejarah atau teori dasar tentang VRML, pembaca bisa klik link ini.

Kami cukupkan sekian pembahasan tentang VRML kali ini. Insyallah beberapa waktu mendatang kami akan memberi contoh objek 3D + source code nya. (bhm)

Referensi:
http://www.parallelgraphics.com/
http://www.vrml.org/
http://www.cortona3d.com/
http://www.master.web.id/

No comments :

Post a Comment