Desain 2D, 3D, Office, Artikel.

MEMBUAT SENDOK 3D DENGAN 3DS MAX

1 comment

Sendok 3 Dimensi
Pada kesempatan kali ini saya akan membuat sendok dengan menggunakan 3Ds Max. berikut ini adalah langkah-langkah membuatnya:

Buatlah box. Klik Create > Geometry > Box. Sesuaikan ukuran length: 70, width: 40, high:5, length segs: 6, width segs: 3, heigh segs:1. Lihat Gambar 1 di bawah ini
Gambar 1
Klik kanan pada box tadi lalu pilih Convert > Convert to Editable Poly. berahlihlah pada panel Modify > Selection > pilih mode Vertex. Lakukan seleksi pada 4 vertex (lihat lingkaran merah pada Gambar 2) dari objek box trus pada toolbar klik kanan "Select and Non-uniform" akan muncul kotak dialog "Scale Transform Type-In" pada grup Offset World di sumbu Y ubah nilainya menjadi 70 lalu tekan enter. Trus matikan mode Vertex. Kerjakan tahap ini pada Top viewport.
Gambar 2

Langkah selanjutnya klik panel Modify > Selection > mode Polygon. Kemudian seleksi satu sisi (lihat Gambar 3.a) lalu klik kanan pilih Extrude. Pada kotak dialog Extrude Polygons > beri nilai Extrusion Hight : 20 > Apply > Apply lagi > ubah nilai Extrusion menjadi 120 > Apply sekali lagi. Kemudian matikan mode Polygon. Lihat Gambar 3.b.
Gambar 3.a
Gambar 3.b

Masih pada  panel Modify, sekarang pilih mode vertex. Seleksilah vertex seperti gambar 4.a di bawah ini
Gambar 4.a
Lalu tekan huruf "W" pada keyboard, klik dan drag ke bawah searah sumbu Z pada vertex yang sudah diseleksi sesuai keinginan kamu (lihat Gambar 4.b). Terus matikan mode vertex.
Gambar 4.b
Langkah selanjutnya membuat sendok menjadi simetri. Caranya, klik Modify > Modifier List > Symmetry. Lalu klik tanda (+) pada Symmetry terus pilih Mirror. Sesuaikan parameter berikut ini, pada Mirror Axis pilih sumbu X, dan centang Flip. Lihatlah pada viewport gambar sendok terlihat menghilang...JANGAN KHAWATIR !!. Tekan "W" pada keyboard lalu klik dan geser sumbu X sampai gambar sendok kelihatan simetri. Lihat Gambar 5 dibawah ini
Gambar 5
Langkah selanjutnya mempercantik bentuk sendok.  Pada Left viewport, beralihlah kembali ke Modify > Editable Poly > Vertex > seleksi dan geser pegangan sendok searah sumbu Y hingga terlihat seperti Gambar 6 di bawah ini
Gambar 6
Langkah terakhir yaitu memperhalus bentuk sendok. Caranya klik Modify > Modifier list > TurboSmooth. pada menu rollout TurboSmooth dalam grup Main isikan nilai iteration: 2. Tekan F9 pada keyboard untuk merender. Lihat Gambar 7 dibawah ini
Gambar 7
Alhamdulillah sudah finish. (bhm)
Klik disini untuk download tutorial diatas dalam format pdf

1 comment :