Desain 2D, 3D, Office, Artikel.

CARA KERJA OGRE

1 comment
Beberapa hal dasar yang perlu diketahui didalam Ogre adalah SceneManager, Entity, SceneNode . Ketiga kelas tersebut adalah blok bangunan dasar dari aplikasi Ogre.

SceneManager
Segala sesuatu yang muncul di layar dikelola oleh SceneManager. Ketika Anda menempatkan objek di layar, SceneManager adalah kelas yang melacak lokasi mereka. Bila Anda membuat Kamera untuk melihat adegan SceneManager melacak mereka. Bila Anda membuat pesawat, billboard, lampu ... dan seterusnya, SceneManager melacak mereka.
Ada beberapa jenis SceneManager. Ada SceneManager yang membuat medan/terrain, ada SceneManager untuk rendering BSP peta, dan sebagainya.

Entity
Entity adalah salah satu jenis objek yang dapat Anda buat di sebuah scene/adegan. Anda dapat menganggap suatu entity sebagai sesuatu yang diwakili oleh mesh 3D. Sebuah robot akan menjadi entity, ikan akan menjadi entity, karakter Anda yang berjalan di atas medan/terrain akan menjadi entity yang sangat besar. Hal-hal seperti Lampu, Baliho, Partikel, Kamera bukan merupakan Entity.
Satu hal yang perlu diketahui tentang Ogre adalah bahwa ia memisahkan renderable objek dari lokasi mereka dan orientasi. Ini berarti, Anda tidak dapat langsung menempatkan Entity dalam sebuah scene/adegan. Sebaliknya Anda harus melampirkan Entity ke objek SceneNode, dan SceneNode ini berisi informasi tentang lokasi dan orientasi.

SceneNode
SceneNodes melacak lokasi dan orientasi untuk semua objek yang melekat padanya. Bila Anda membuat Entity, entity tidak akan ditampilkan di scene/adegan sampai anda memasang entity ke sebuah SceneNode. Selain itu SceneNode bukanlah suatu objek yang ditampilkan pada layar.
SceneNodes dapat memiliki sejumlah objek yang menyertainya. Katakanlah Anda memiliki karakter yang berjalan di sekitar layar dan Anda menginginkan karakter tersebut menghasilkan cahaya di sekelilingnya. Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah membuat SceneNode, kemudian membuat Entity untuk karakter dan melampirkannya pada SceneNode tersebut. Kemudian Anda akan membuat objek Light dan melampirkannya pada SceneNode tersebut. SceneNodes juga dapat melekat pada SceneNodes lain yang memungkinkan Anda untuk membuat hirarki seluruh node.
Salah satu konsep utama yang perlu diketahui tentang SceneNodes adalah: bahwa sebuah posisi SceneNode adalah selalu relatif terhadap SceneNode induknya.

Referensi: http://www.ogre3d.org/tikiwiki/Basic+Tutorial+1&structure=Tutorials

1 comment :

  1. kita juga punya nih artikel mengenai 'Ogre3D', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1302/1/50407759.pdf
    terimakasih

    ReplyDelete